Jumat, 19 Maret 2021

Perbedaan Tangga Nada Diatonis dan Pentatonis


Anda perlu mengetahui bahwa ada banyak sekali jenis musik. Yang memiliki tangga nada berbeda – beda dan beragam. Jadi kami merasa anda perlu mengetahui jenis tangga nada. Untuk mempermudah anda dalam memperoleh informasi terkait tangga nada, kami akan memberikan sedikit informasi mengenai perbedaan tangga nada diatonis dan pentatonis. karena tangga nada ini sangat penting anda ketahui, apalagi anda adalah seorang penyanyi jadi anda harus mengetahui tangga nanda, agar anda bisa dengan mudan mudah  mengatur tingkat nada yang anda butuhkan untuk memperoleh nadaq yang serasi.

Berikut ini beberapa perbedaan tangga nada diatonis dan pentatonis, yaitu:
  • Tangga diatonis mempunyai komposisi tangga nada yang sering digunakan dalam karya musik modern atau kontemporer 
  • Tanga nada pentatonis mempunyai tangga nada berjumlah 5 buah saja. 
  • Tangga nada diantonis memiliki tangga nada berjumlah 7 yang meliputi do, re, mi, fa, sol, la, si, do dan kebayakan menggunakan interval 1 atau interval ½ .
  • Tangga nada diantonis mempunyai dua macam nada yaitu mayor dan minor
  • Terdapat dua macam tangga nada pentatonis, yaitu pelog dan slendro. Nama nada dari pelog adalah do – mi – fa – sol – si  sedangakan nama dari nada slendro adalah do – re – mi – sol – la. 


Mengenal Tanda Nada Mayor Dan Minor 

Dalam dunia seni musik tangga nada merupakan elemen yang sangat penting. Sebelum kita bernyanyi kita harus mengetahui seberapa tinggi dan rendahnya nada yang akan kita nyanyikan agar dapat menciptakan harmoni yang indah pada sebuah lagu. Tangga nada dibagi menjadi tiga yaitu tangga nada diantonis, pentatonis dan kormatis. Dalam nada diantonis terdapat dua macam nada yaitu mayor dan minor. Agar anda lebih mudah dalam mengelompokkan perbedaan tangga nada diatonis dan pentatonis, kami akan menyebutkan ciri tangga nada mayor. 

Berikut adalah ciri – ciri dari nada mayor : 
  • Tangga nada mayor memiliki ciri yang paling utama dan langsung bisa membedakannya dengan minor adalah karena tangga nada mayor memiliki sifat riang gembira dan bersemangat. 
  • Lalu, tangga nada mayor sangat sering dan pas jika digunakan untuk lagu perjuangan atau lagu nasional kebangsaan, karena biasanya cenderung sejenis genre mars. 
  • Kemudian yang juga harus  anda ketahui terkait tangga nada mayor diawali dengan nada dasar do, pada not pertamanya, selanjutnya diakhiri juga dengan tangga nada do. 

Itulah beberapa informasi mengenai berbagai macam tangga nada dan jenisnya yang bisa anda gunakan untuk acuan memahami tangga nada yang sangat berguna untuk proses anda dalam mendalami dunia tarik suara. Ada banyak alat musik yang menghasilkan tangga nada, misalnya gitar, piano, biola, dan lain sejenisnya. 

Temukan Alat Musikmu Sekarang

Karena di atas kami sudah memberikan informasi terkait tangga nada, sekarang ini kami akan memberikan sedikit penjelasan mengenai di media apa anda bisa menemukan jenis alat musik yang anda butuhkan di website www.blibli.com. Nah, ada banyak sekali jenis alat musik yang bisa anda temukan di website tersebut. Dengan berbagai macam variasi harga, anda bisa memilih banyak alat musik yang sesuai dengan kebutuhan serta keinginan anda. jadi anda tidak perlu bingung lagi jika ingin membeli alat musik yang menghasilkan tangga nada sesuai kebutuhan anda. dengan harga yang tentu saja sangat terjangkau.  


SHARE THIS

Author:

0 komentar: